PENGARUH HARGA DAN PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN CPO PERUSAHAAN ASTRA AGRO LESTARI PADA TAHUN 2001 – 2012
PENGARUH HARGA DAN PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN CPO PERUSAHAAN ASTRA AGRO LESTARI PADA TAHUN 2001 – 2012
Pengarang
PRAMELANI
Tanggal terbit
2014/5/24
Konferensi
Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT)
Halaman
https://drive.google.com/file/d/0BzeEZJN
PENGARUH HARGA DAN PENDAPATAN TERHADAP PERMINTAAN
CPO PERUSAHAAN ASTRA AGRO LESTARI
PADA TAHUN 2001 - 2012
Pramelani
Akom, Bina Sarana Informatika(BSI) Pemuda
Alamat kampus : Jl. Kayu Jati 5 No. 2 Pemuda, Rawamangun Jakarta
email: pramelani.pli@bsi.ac.id
Abstrak -- Permintaan kelapa sawit, khususnya CPO (Crude Palm Oil) meningkat, dimana dipengaruhi oleh faktor seperti harga dan pendapatan, maka diteliti pengaruh harga dan pendapatan terhadap permintaan CPO di perusahaan Astra Agro Lestari. Pada penelitian ini digunakan data sekunder dalam bentuk time-series periode tahun 2001-2012 dan analisis data dengan model regresi linear berganda.
Dari hasil didapatkan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap permintaan CPO, dimana probabilitas 0,558 > (α
= 0,05), sehingga Ho diterima; pendapatan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kuantitas per-mintaan
CPO, dimana probabilitas 0,003 < (α = 0,05), sehingga Ho ditolak; harga dan pendapatan secara serentak
mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap permintaan CPO, dimana probabilitas 0,000 < (α = 0,05), sehingga Ho ditolak; serta nilai R2 (adjusted R Square) 0,896 menunjukkan pengaruh variabel inde-penden 89,6% dan sisanya (10,4%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Terlihat elastisitas permintaan produk CPO bersifat inelastik, dimana nilai Ep = 0,826, berarti setiap peningkatan
(penurunan) harga 1% akan menurunkan (meningkatkan) kuantitas permintaan 0,826%. Hasil elastisitas tersebut
berhubungan positif (searah) dengan penerimaan total, dimana bila terjadi penurunan harga, meskipun terdapat
peningkatan kuantitas produk yang terjual, maka penerimaan total (TR) akan menurun dan penerimaan marjinal negatif. Nilai elastisitas pendapatan (EI) = 7,114, berarti setiap peningkatan (penurunan) pendapatan konsumen 1% akan meningkatkan (menurunkan) kuantitas permintaan 7,114% yang merupakan produk barang mewah atau produk kebutuhan sekunder.
Kata kunci: harga, pendapatan, permintaan, CPO
Berikut screenshoot yang diambil dari Aslinya Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2014, ISBN . 978-602-99213-7-3
Komentar
Posting Komentar